HARI SANTRI NASIONAL



HARI SANTRI NASIONAL 

Hari santri nasional yang diperingati setiap 22 Oktober bukan hanya milik Nahdlatul Ulama atau Muhammadiyah, melainkan terkait dengan peran penting kaum agamis yang cinta Tanah Air dalam sejarah kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari Santri Nasional terkait dengan keluarnya Resolusi Jihad yang dimotori K.H. Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama (NU), pada 22 Oktober 1945. Resolusi yang bermula dari kegalauan Presiden Soekarno karena mendengar rencana kedatangan tentara Sekutu di Surabaya. Sebab jika pecah pertempuran, kekuatan persenjataan kedua pihak tak seimbang.

Ringkas cerita Bung Karno lalu mengirim utusan khusus ke Tebuireng menemui Rais Akbar Syuriah PBNU K.H. Hasyim Asy'ari. Tujuannya adalah meminta fatwa tentang hukum jihad membela Negara. Proses lalu bergulir, hingga muncullah resolusi jihad tersebut pada 22 Oktober 1945. Kelak tanggal ini ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional.

Di Pesantren Moden Al-Amanah setiap tanggal 22 Oktober selalu diadakan upacara Hari Santri agar Semua tau kalau santri juga berperan dalam perjuangan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Namun diupacara ini cara santri Pesantren Modern Al-Amanah dalam menjalankan upacara berbeda tidak seperti biasanya. Petugas yang ditunjuk mengenakan sarung, yaitu simbol santri. Begitu juga dengan peserta upacara mereka mengenakan baju taqwa, sarung dan peci simbol kesantrian mereka.
Dengan adanya Hari santri ini mudah-mudahan santri Indonesia semakin giat dalam belajar dan menjunjung tinggi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Diberdayakan oleh Blogger.

Jasko Sidoarjo

Jasko adalah koko semi jas kain ini terbuat dari twist tebal dengan harga yang terjangkau bagi kalangan menengah kebawah

Cari Blog Ini

Auto Backlink : OoneSeem

statistik blog saya

Send Quick Message

Nama

Email *

Pesan *

LightBlog
Auto Backlink : OoneSeem